Kopi Kawa Daun

Kopi Kawa Daun
Kopi kawa daun adalah minuman yang berasal dari daerah Minangkabau (Sumatera Barat), kopi kawa daun banyak terdapat di daerah Bukitinggi, Batusangkar, Tanah datar dan sekitarnya. kopi kawa daun atau aia kawa, ya begitu lah orang Sumatera Barat menamakannya, berasar dari kata Kahwa yang bisa berarti kopi dalam bahasa arab, sehingga digabung menjadi kopi kawa daun yang berarti minuman kopi yang terbuat dari daun kopi.
Kenapa daun dan bukan berasal dari biji kopi atau buah kopi?, disinilah letak keunikan dari kopi yang satu ini, bahan pembuatan kopi bukan lah dari biji kopi melainkan daun kopi yang disangrai kemudian diseduh seperti pembuatan teh. sebenarnya dari segi pembuatan kopi kawa daun lebih mirip dengan minuman teh, sehingga ada juga yang menyebutnya teh kawa. begitu juga dengan cara penyajian ny juga berbeda dengan minuman kopi biasa, kalau minuman kopi biasa dimasukan kedalam gelas, namun kopi kawa daun disajikan dalam tempurung kelapa, unik bukan??.

Kopi Kawa Daun

Sejarah Kopi Kawa Daun

lahirnya kopi kawa daun dimulai semenjak pendudukan penjajah di negeri ini, tepat nya lebih kurang pada tahun 1840 an, yang bermula dari bangsa penjajah Belanda yang mulai melakukan penanaman kopi di pulau jawa dan Sumatera dengan jenis Arabica yang didatangkan langsung dari Yaman. disinilah munculnya kopi kawa daun, lebih tepatnya bukan lahir melainkan muncul karena pembodohan bangsa penjajah Belanda, bangsa penjajah melakukan sistem tanam paksa atau Cultuurestelstel yang sangat merugikan bangsa ini, rakyat di paksa menanam kopi dan tidak mengizinkan untuk memetik biji kopi nya, petani hanya boleh mengambil daun nya, dengan mengatakan bahwa daun nya lah yang enak dari pada biji kopi nya. kebiasan meminum kopi dari daun ini kemudian berlanjut hingga sekarang.

Khasiat Kopi Kawa Daun

Pembodohan yang tidak selalu menghasilkan hal yang bodoh, mungkin itulah pepatah yang tepat untuk mengungkapkan hal ini seperti hal nya dengan kopi luwak, kopi kawa daun sangat bermanfaat untuk kesehatan. bahkan kopi dengan kandungan kafein rendah ini dipercaya mempunyai banyak khasiat diantaranya :
sebagai penurun hipertensi
menambah vitalitas dan stamina
menyembuhkan penyakit kulit
dan berbagai manfaat lainnya yang bisa kita temui dari minuman ini, itu karena inti dari daun kopi adalah daun obat yang kalau dimanfaatkan dengan benar tentunya bisa menghasilkan manfaat maupun khasiat yang bukan hanya sebagai minuman penghangat disaat dingin saja.

Kopi Kawa Daun













sampai sekarang penduduk sangat menyukai miuman kopi kawa daun ini, bahkan telah meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, hal ini dibuktikan dengan banyak nya kedai atau dangau tempat menjual minuman kopi kawa daun ini, dangau??ya, minuman ini biasanya dijumpai pada kedai yang menyerupai dangau-dangau (rumah ditepi sawah), bahkan ada yang membuat kedai atau dangau tepat dipinggir sawah.
sangat eksotis dengan minuman kopi yang berbeda maupun cara penyajian yang berbeda dan disajikan pada warung atau kedai yang berbeda pula, sungguh sesuatu yang mengandung nilai estetika maupun nilai historis yang cukup tinggi.

terima kasih telah membaca, tinggalkan komentar untuk menambahkan apabila ada yang kurang dalam postingan mengenai Kopi Kawa Daun ini,

baca juga 10 Kopi Terbaik Sumatera

Ditulis Oleh : tes ~ Philosofi

Rian Scorpiando Sobat sedang membaca artikel tentang Kopi Kawa Daun. Maaf tidak diperbolehkan mengcopy paste langsung atau menyebar-luaskan artikel ini tampa menampilkan link sumbernya yang bisa copy paste dibawah, dan apabila dirasa bermanfaat silahkan share melalui icon media sosial dibawah

:: Get this widget ! ::

0 Komentar untuk "Kopi Kawa Daun"

Back To Top